Belenggu Setan Di Bulan Ramadhan

Posted: November 25, 2013 in Warna-warni bersama Republik Aeng-Aeng (2013)

IMAG0569

Di bulan Ramadan ini, setan-setan didibelenggu supaya tidak mengurangi kekhusyukan umat manusia dalam beribadah. Tampaknya hal itu yang ingin disampaikan Republik Aeng Aeng melalui aksi teatrikal “Setan Dibelenggu” yang dipamerkannya dalam kegiatan Car Free Day (CFD), Minggu (14/7).

Gambaran setan diperankan oleh dua orang yang mengenakan jubah serba hitam. Tangan kedua orang itu terlihat di borgol di sebuah teralis. Salah satu  kaki di antara mereka diberi pemberat. Setan-setan itu merintih kesakitan. Namun mereka tidak jera. Mereka terus berpikir bagaimana caranya menyesatkan umat manusia pascaramadan nanti.

Pengunjung pun tertarik untuk melihat hingga foto bersama dengan setan-setan itu. Salah seorang pengunjung, Akbar Mahali (37) warga Delanggu yang mengajak anaknya untuk berfoto mengatakan, teatrikal itu mengandung pesan edukasi bagi putrinya.

“Melalui aksi ini kita bisa kenalkan pada anak tentang bulan Ramadan yang penuh berkah, di mana setan pada bulan ini dibelenggu supaya kita dapat lebih khusyuk beribadah. Dengan demikian akan menambah pahala,” jelasnya.

Putrinya (Akbar Mahali-Red),Kaila Azahro (6) punya menyahut, “Kita puasa biar tidak jadi temannya setan. Karena itu banyak ibadah, seperti salat tarawih,”  ujar  gadis kecil itu.

Sementara itu, mahasiswa UNS yang tengah magang di Republik Aeng-Aeng, Adrian Amurwonegoro mengatakan, tujuan dari kegiatan itu untuk mengingatkan dan menyampaikan kepada masyarakat agar  tidak berbuat jahat dan bernasib sama seperti dua setan itu.

“Kurangi kejahatan. Ini sebagai penyampaian pesan,” jelas dia.

Ia juga mengatakan, dalam CFD kali ini pihaknya juga ingin mengingatkan para pelajar bahwa libur awal puasa sudah usai. Karena itu dia mengajak untuk mulai belajar  kembali, sekaligus menggelar poster tentang toleransi beragama.

“Supaya yang tidak puasa menghormati yang puasa,” imbuhnya. * Farrah Ikha Riptayani (JogloSemar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s