SUASANA IMLEK 2564 DI KOTA SOLO

Posted: November 25, 2013 in Artikel

DSC_1467Suasana Imlek kental terasa di jalan seputar Pasar Gede – Balaikota Surakarta malam itu, letaknya pun tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta. Tampak antusiasme warga dari berbagai kalangan turut meramaikan perayaan untuk menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2564.

Beberapa jam sebelumnya, warga keturunan Tionghoa mulai mendatangi Klenteng Tien Kok Sie, yang terletak persis di samping Pasar Gede, untuk sembahyang memanjatkan doa menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2564. Sedangkan masyarakat umum tampak menikmati suasana dengan asyik mengabadikan foto bersama kerabat atau teman terdekatnya, yang sengaja di kawasan Pasar Gede yang meriah ini dihiasi dengan lampion-lampion cantik serta dekorasi gapura imlek yang sangat megah, didominasi warna merah dan kuning, menambah semarak perayaan Imlek.

Saat waktu menunjukkan tepat pukul 00.00 WIB, berbagai macam kembang api dinyalakan, gemuruh suara kembang api menggugaah telinga masyarakat untuk segera menengadakan kepala ke atas “bleeeeeer……cetaaaarr…cetaaarrrr…krepyek krepyek krepyek” begitu suara kembang api terdengar, masyarakat yang hadir ramai-ramai mendokumentasikan kemilau kembang api dengan kamera ataupun merekamnya dalam bentuk video.

Kondisi ini sangat menggambarkan keberagaman, kebersamaan dan kerukunan warga Solo, walaupun berbeda-beda dari berbagai latar belakang, tapi tetap satu jua dengan saling menghargai, menghormati, mendukung, dan turut datang merayakan perayaan imlek tanpa melihat perbedaan. Imlek sudah menjadi tradisi bersama seluruh warga masyarakat, jadi kemeriahan ini diharapkan bisa memberikan warna kemajemukan di Kota Solo yang selama ini tumbuh harmonis.

Foto dan tulisan ini saya buat untuk lomba kemeriahan imlek 2564 yang diadakan oleh Nusaresearch.net.

GONG XI FA CAI !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s