Aksi Teatrikal Kasus MIGAS Rudi Rubiandini

Posted: December 6, 2013 in Warna-warni bersama Republik Aeng-Aeng (2013)

DSC_0059 DSC_0073

Solo — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini tampak di gelaran Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Minggu (18/8).

Dengan memakai jubah hitam serta menenteng HP, dirinya seolah-olah sedang melakukan percakapan dengan rekannya. Namun jangan salah, Rudi Rubiandini yang ada dalam gelaran CFD tersebut bukanlah sosok yang sebenarnya, melainkan hanyalah sesosok topeng yang diperankan untuk mengkritisi permasalahan kasus suap yang sedang mencuat.

Aksi teatrikal dan sebuah tulisan ‘MIGAS’  berukuran 1×5 meter juga melengkapi aksi yang dimainkan oleh salah seorang mahasiswa jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pengetahuan (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Adrian Amurwonegoro (21).

Aksi ini merupakan bukti kekecewaannya terhadap pemerintah dalam hal penanganan kasus korupsi. Adrian meminta kepada pemerintah untuk mengusut tuntas kasus korupsi yang merugikan negara. Selain itu juga, agar pelaku korupsi dijatuhi hukuman yang berat dan tegas.

“Sebagai negara hukum dan demokrasi. Sudah seharusnya pejabat yang melakukan pelanggaran hukum, korupsi harus ditindak. Kalau tidak seperti itu akan menjalar kepada pejabat lainnya. Karena uang yang dikorupsi juga uang rakyat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, salah satu pengunjung asal Kalitan, Solo, Wartono, 42, meminta kepada pemerintah pusat untuk menumpas segala kejahatan yang merugikan negara. Seperti korupsi yang dilakukan Kepala SKK Migas, katanya sudah seharusnya pemerintah memiskinkan pelaku korupsi mulai dari atasan hingga bawahan. Hal itu dilakukan untuk membuat efek jera kepada seluruh pelaku korupsi.

“Pemerintah harus menindak tegas mulai dari pelaku paling atas hingga paling bawah,” katanya. *Achmad Khalik (Timlo.Net)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s