Perayaan HUT Polwan Di Car Free Day

Posted: December 6, 2013 in Warna-warni bersama Republik Aeng-Aeng (2013)

DSC_0015 DSC_0012 DSC_0010

Solo — Sejumlah masyarakat Kota Solo, merayakan hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-65 tahun di area Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo. Meski perayaan hari jadi tersebut berlangsung sederhana, namun nilai serta doa yang dipanjatkan berlangsung khidmat dan mendalam.

Kasubag Humas Polresta Kota Solo, AKP Sis Raniwati mengatakan diusia yang tidak muda lagi, Polwan makin menunjukkan peranan vital bagi kemajuan instansi Kepolisian Indonesia. Peranan serta tugas yang diemban para perempuan tangguh tersebut tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, sejumlah posisi penting mulai dari Kapolda, Kapolres maupun Kapolsek pernah diduduki para perwira perempuan di berbagai daerah Indonesia.

“Perempuan di tubuh instansi Kepolisian Indonesia juga telah menunjukkan prestasinya dengan menduduki jabatan-jabatan penting. Sehingga peran serta Polwan dalam membangun negeri tidak dapat diremehkan,” paparnya kepada wartawan, Minggu (1/9).

Lebih lanjut dijelaskan, kehadiran Polwan selama ini mempunyai kontribusi yang sangat berarti. Terbukti, tugas-tugas khusus yang dibebankan kepada Polwan mampu diselesaikan dengan baik.

“Meski kami perempuan, namun tugas dan kewajiban tetap sama,” terangnya.

Dirinya berharap, diulang tahun ke-65 ini, Polwan makin memiliki tempat di hati masyarakat. Disamping itu, kehadiran Polwan yang mengedepankan sisi-sisi kemanusiaan dan sosial makin dicintai oleh masyarakat.

“Karena pada dasarnya perempuan, jadi kita lebih mengedepankan sisi kemanusiaan saat diberikan tugas khusus. Ya, semoga makin diterima dihati masyarakat serta makin eksis di hari ulang tahun ke 65 ini,” ungkapnya.

Polwan sendiri dibentuk pada 1 September 1968 di Bukit Tinggi, Sumatera Barat untuk menangani tugas khusus. Awalnya, kesatuan ini selalu berada di belakang dan hanya menangani sejumlah kasus yang bersangkutan dengan perempuan. Namun, seiring waktu tugas serta tanggung jawabnya semakin sejajar dengan polisi pria yang lain. Hal ini menjadi bukti, bahwa Polwan merupakan satu kesatuan. *Achmad Khalik (Timlo.Net)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s